Integrasi Teknologi Impormasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran
Nama :Yusnita Damayanti Daulay
Fitri Adawiyah Siregar
Isda Pohan
Nur Khotimah Tanjung
Muhammad Risky
**Pengaruh perkembangan
teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pembelajaran terbesar pada inovasi
pengembangan media pembelajaran yang lebih menarik dan komunikatif.
**Sehingga dapat memotivasi siswa dalam mengikuti proses pembelajaran, dan berdampak pada hasil belajar yang diperoleh siswa karena siswa dengan mudah dapat menyerap materi yang diajarkan.
**Ditambah adanya jaringan internet guru dan siswa dapat memperoleh informasi dengan cepat
2.Integraksi
**Interaksi adalah suatu jenis tindakan yang terjadi ketika dua atau lebih objek mempengaruhi
atau memiliki efek (perubahan) satu sama lain.
** Integrasi merupakan suatu proses yang dilakukan seseorang dalam mengambil tindakan
dengan dilandasi kesadaran diri untuk memberikan respon terhadap apa yang dilakukan orang lain.
** jenis integrasi dalam pendidikan adalah
1. Interaksi murid dengan murid,
2. Interaksi murid dengan sumber belajar,
3. Interaksi murid dengan lingkungan.
2.Komunikasi
**Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain .
Beberapa bentuk Komunikasi:
1.Komunikasi Intrapersonal, adalah komunikasi dengan diri sendiri yang bertujuan untuk
2.Komunikasi Antarpersonal, Proses pengiriman dan penerimaan pesan-pesan antara dua orang atau diantara sekelompok kecil orang-oran dengan beberapa efek dan beberapa umpan balik seketiika.
**Lima strategi yang perlu dikembangkan untuk membangun komunikasi yang efektif,
yaitu :
1.Respek, saling menghargai akan membuat seseorang merasa dirinya nyaman dan
akan berbalik menghargai orang yang telah menghargai nya
2.Empati, merupakan sebuah kemampuan menempatkan diri terhadap situasi yang
sedang dirasakan oleh orang lain
3.Audible, dapat didengarkan atau dapat dimengerti dengan baik. Penyampaian yang
baik dalam kelas kelas akan lebih mudah diterima daripada menggunakan bahasa terlalu
rumit.
4.Jelas maknanya ,
5.Rendah hati, sikap rendah hati seorang guru mengandung makna jika dia sangat
menghargai anak didiknya. Tidak memandang rendah terhadap siswa yang dianggapnya bodoh sekalipun.
3. Hubungan Interaksi dan Komunikasi
**ketika kegiatan pembelajaran didominasi oleh guru yang menjadi sumber utama informasi,
maka interaksi dalam kegiatan pembelajaran menjadi kurang maksimal. Di dalam proses
pembelajaran, interaksi antara guru dan murid menjadi penting, guru jangan terfokus pada
kegiatannya sendiri, memberi motivasi kepada muridnya untuk bertanya bila tidak faham.
Faktor lain penyebab kegagalan proses belajar mengajar adalah guru menuntut untuk menyelesaikan semua materi yang terdapat di kurikulum, tanpa memperhatikan keadaan siswa. Murid yang pintar akan lebih cepat menangkap tapi bagi murid yang kurang pintar akan jauh tertinggal .
4. Hal Yang Perlu Diperhatikan Bagi Seorang Pengajar Dalam Berkomunikasi
1. Tujuan Berkomunikasi
2. Cara Berkomunikasi
3. Tujuan Diterima
4. Waktu yang Tepat
5. Peka Interaksi
6. Bahasa yang Sederhana
7. Bahasa Tubuh
**Untuk menciptakan interaksi dan komunikasi yang baik dalam proses belajar mengajar,
maka guru harus memperhatikan hal-hal sebagai berikut:
1. Tujuan yang ingin dicapai
2. Metode yang digunakan
3. Bahan/materi yang menjadi topik interaksi
4. Alat/peraga yang diperlukan Untuk menunjang metode yang digunakan
5. Proses belajar mengajar
6. Sumber belajar
7. Kenyamanan
8. Evaluasi
5. Komunikasi Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Pendidikan
**Kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dimungkinkan dengan menyediakan sarana pembelajaran online melalui internet dan media elektronik.
Konsep pembelajaran berbasis TIK seperti ini lebih dikenal dengan e-learning. E-learning disebut juga
TbLearning (Technology-based Learning) adalah sistem pendidikan yang menggunakan semua
aplikasi elektronik untuk mendukung belajar mengajar termasuk jaringan Komputer,Intranet, Satelit), media elektronik (audio, televisi, CD-ROM)
**Peserta didik dapat merasa senang dan tidak bosan dengan materi yang diajarkan
karena menggunakan alat bantu seperti video, audio dan juga dapat menggunakan alat
bantu seperti komputer bagi sekolah yang sudah mempunyai peralatan komputer.
**Selain memiliki beberapa keunggulan, pemanfaatan e-learning pun memiliki beberapa
kekurangan, terutama dari sisi kebutuhan investasi jaringan pendukung dengan perangkat lunaknya
**Untuk dapat memperoleh manfaat yang optimal dari e-learning dibutuhkan dukungan jaringan yang tepat dan stabil.
**Guru banyak yang belum siap menggunakan metode e-learning dan masih belum
terampil menggunakan fasilitas seperti video dan komputer.
Bagi orang yang gagap teknologi, sistem ini belum bisa diterapkan.
**Keterbatasan jumlah Komputer yang dimiliki oleh Sekolah juga menghambat pelaksanaan e-learning.
6. Kesimpulan
**Para pendidik, guru, dosen, instruktur dan sebagainya wajib menyiapkan diri dalam hal
kemampuan penguasaan bahasa yang baik dan mudah dipahami. Bila komunikasi harus
melalui media, maka seorang guru harus mampu menguasai alat/sarana komunikasi tersebut.
Metode yang digunakan dipilih sesuai dengan kebutuhan siswa.
Seorang guru dituntut mempunyai wawasan yang luas, harus mempunyai banyak sumber-sumber belajar untuk menunjang kegiatan pendidikan. Suasana nyaman di kelas, kesiapan murid dalam menerima pelajaran untuk menjadi perhatian guru.
Komunikasi yang baik senantiasa dibangun dan
dimotivasi guru agar terjadi interaksi dalam proses pembelajaran. Guru harus bisa berlaku
bijaksana manakala ada sekelompok kecil siswa yang mempunyai kekurangan, baik itu fisik
maupun intelegensia, sehingga tujuan pembelajaran tercapai.
E-learning tidak dapat meningkatkan mutu pendidikan, tetapi elearning dapat
membantu meningkatkan mutu pendidikan. Maka diharapkan dengan adanya e-learning
sebagai salah satu media pendidikan jarak jauh (Distance Learning) akan menjadi sebuah
solusi untuk meningkatkan mutu pendidikan, bukan menjadi faktor penghambat dan jurang
pemisah pemerataan mutu pendidikan tersebut.
Komentar
Posting Komentar